gempa bumi tektonik hantam jabar

gempa bumi tektonik kembali terjadi pada tanggal 02 september 2009, sekitar pukul 15.00, kekuatan gempa sekitar 7,3 skala richter, berpusat di 142 kilometer barat daya tasikmalaya jawa barat dengan kedalaman 3o km dirasakan hampir disemua pulau jawa.

                                                     gambar pusat gempa pada titik merah
beberapa daerah yang paling parah akibat gempa tektonik adalah : kabupaten tasikmalaya, kabupaten garut, kabupaten ciamis, kabupaten sukabumi, kabupaten cianjur , kota tasikmalaya, kabupaten/kota bandung, kota banjar, kuningan, dan bogor
data korban gempa meninggal sampai pukul 16:00 (04 sept 2009 ):
kabupaten tasikmalaya   : 9 orang dan 112 korban luka

kabupaten/kota bandung : 12 orang  dan 376 korban luka-luka

kabupaten ciamis             : 6 orang dan 155 luka-luka

kabupaten cianjur            : 20 orang dan 5 luka-luka

kabupaten garut              : 7 orang dan 135 orang luka-luka

kabupaten sukabumi       : 3 orang dan 16 orang luka-luka

jakarta dsk                      : 1 orang dan 38 orang terluka
bogor                               : 2 orang  dan 9 korban luka-luka


orang hilang lebih dari 422 orang dan 40 orang hilang di jawa barat.
pasar cikurubuk tasikmlaya ludes dilahap api pasca gempa

gempa bumi juga menyebabkan longsor di desa pamoyanan, cibinong cianjur. lebih dari 50 orang tertimbun longsor disana dan di khawatirkan tewas, dan tercata sudah 10 orang tewas disana.

jumlah rumah yang hancur akibat gempa di jabar berjumlah lebih dari 2.017 unit yang tersebar di berbagai daerah, 827 di tasikmlaya,  8.195 di garut, 5.681 di kabupaten bandung, 60 di sukabumi, 11.787 di cianjur, 267 di kuningan, 663 di bogor, 473 di ciamis, 3.387 di kota tasikmalaya, sedangkan jumlah rumah yang rusak berat mencapai 42.067 dan yang rusak ringan 83.628 rumah.



di kabupaten ciamis gempa terasa sangat mengguncang, banyak rumah penduduk yang ambruk, yang terlihat parah adalah gedung yogya depstore ciamis bangunannya retak-retak dan depannya ambruk menurut informasi yogya ciamis akan tutup 2 minggu. stasiun ciamis pun tak luput dari gempa, banyak tembok yang retak , tapi perjalanan kereta api tidak lancar-lancar aja. telkomsel parah banget, diciamis dan sekitarnya pengguna telkomsel tidak bisa menggunakan layanan sms, mms, internet dan telepon.


gambar-gambar berkaitan dengan gempa ditasikmalaya, cianjur, sukabumi, ciamis, banjar dan sekitarnya :


 
mesjid di sukabumi akibat gempa dan pasar cikurubuk tasikmalaya ludes di lahap api pasca gempa


 
reruntuhan akibat gempa





" mari kita renungkan kenapa tuhan memberikan teguran dengan gempa yang sangat menakutkan ini, mari dibulan suci ini kita bersihkan diri kita dari berbagai hal, jauhi apa yang dilarang allah, dan laksanakan segala perintahnya "

No comments:

Post a Comment